12 Wisata Sumut di Pringsewu Terkini & Wajib Dikunjungi WIsata Sumut

Posted by dunnynasution@gmail.com
On 10 Juli 2022

Sebagai wilayah provinsi Lampung, wisata Pringsewu juga tentu memiliki beribu pesona sekaligus daya tarik tersendiri yang perlu diketahui. Terlebih selain destinasi alam, terdapat banyak sekali tempat wisata buatan seperti taman, situs sejarah, pantai bahkan air terjun yang berhasil menarik atensi para pelancong.

tempat wisata di pringsewu

Tak heran jika kunjungan wisatawan yang berlibur ke tempat wisata di Pringsewu semakin meningkat setiap waktu, Tidak hanya pada akhir tahun, banyak pula pelancong yang menjelajahi kabupaten dengan julukan Kota Budaya Lampung ini baik pada awal maupun pertengahan tahun.

Seiring dengan tingginya animo wisatawan lokal dan luar, hal tersebut membuat tempat wisata di Pringsewu terus bertambah. Dalam beberapa kuartal tahun terakhir, cukup banyak destinasi terbaru yang meramaikan tujuan berlibur di wilayah ini. Langsung saja lihat 12 objek wisata berikut yang wajib untuk dikunjungi.

1. Bukit Dirham Ambarawa

wisata pringsewu
symbol by means of: amar mahardika/gmaps

Walaupun dikenal sebagai kabupaten dengan luas wilayah terkecil di Lampung, tetapi Pringsewu memiliki topografi yang bervariasi sehingga pas juga dijadikan tujuan rekreasi alam. Contohnya di seputaran Ambarawa, terdapat Bukit Dirham yang sedang ramai diperbincangkan wisatawan.

Bukit Dirham ini merupakan areal dataran tinggi dengan kontur alam unik yang juga diwarisi dengan sisi religi dan sejarah. Tak heran jika beberapa waktu belakangan, bukit tersebut menjadi tempat wisata di Ambarawa, Pringsewu yang ramain diperbincangkan.

Dengan memanfaatkan dana desa Ambarawa Barat, jalan menuju bukit setinggi kurang lebih 300 meter ini sudah diaspal permanen dari kaki bukit sampai ke bagian puncak. Berdasarkan penuturan pengelola, pengunjung lokasi wisata ini tak hanya datang dari Pringsewu, tetapi juga dari luar daerah Lampung seperti Sumatera dan Jawa.

Alamat: Dusun 1, Pekon Ambarawa Barat, Kec. Ambarawa, Pringsewu, Lampung

Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Tiket: Rp5.000,-

2. Wisata Talang Indah

tempat wisata di pringsewu
symbol by means of: youtube/younger other people chanel

Terletak di kaki perbukitan dan diapit landscape hijau yang menyejukkan, tepatnya berada persis di Fajaseruk, Kec. Pringsewu, Lampung, terdapat sebuah bangunan peninggalan bersejarah yang dibangun Belanda untuk mengalirkan air menggunakan pipa besi ke sejumlah space. Tempat wisata satu ini diberi nama Talang indah.

Keberadaan objek wisata ini baru mulai mendapat perhatian setelah pengelola menatanya menjadi lebih menarik. Sehingga pengunjung tak hanya bisa mendapati talang air dan jembatan unik yang bersejarak, tetapi berbagai permainan yang menantang juga dibangun agar bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Waktu operasional wisata sejarah di Pringsewu ini dibuka seama 24 jam penuh mulai dari hari Senin hingga minggu. tiket masuknya juga relatif terjangkau dimana setiap pengunjung hanya perlu membayar biaya sebesar Rp5.000 in keeping with orang. Dengan begitu, pengunjung bisa hemat saat berlibur.

Alamat: Desa Fajaseruk, Kecamatan Pring Sewu, kabupaten Pringsewu, Lampung (Peta Lokasi)

Jam Buka: 24 Jam

Tiket Masuk: Rp5.000,-

3, Taman Wisata BMJ Pringsewu

wisata pringsewu
symbol by means of: klanadewi/instagram

Seperti destinasi buatan pada umumnya, Taman Wisata BMJ Pringsewu ini sebenarnya merupakan space rekreasi yang ditata dengan mengusung konsep lingkungan hijau. Hanya saja, taman yang berlokasi di Gading Rejo ini juga mengangkat sisi budaya sehingga semakin terasa memesona.

Kendati bukan satu-satunya taman di Pringsewu, tetapi tempat ini tergolong unik. Karena selain menyajikan hamparan bunga, barisan pohon jati dan berbagai tanaman hias, pengunjung juga akan menemukan sederet fasilitas yang berasal dari produk daur ulang.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika menyebut taman ini sangat preferrred bagi wisatawan yang menyukai destinasi berkonsep eco-green. Paling menarik, wisatawan bisa menyaksikan landskap Gunung Pesawaran dan Gunung Betung langsung dari areal taman.

Lokasi: Wonodadi, Kec. Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung, 35367.

Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Rp.5.000

4. Danau Telaga Gupid

tempat wisata di pringsewu
symbol by means of: feri kurniaan/facebook

Meski tak begitu populer, danau di Pringsewu yakni Telaga Gupid bisa menjadi tujuan alternatif untuk menghabiskan akhir pekan. Sebab, tempat wisata terbaru yang terletak di Dusun Mataram Gading Rejo, Kec. Negeri Katon ini menwarkan sederet permainan air.

Dikutip dari beberapa media nasional, objek wisata ini baru terkelola beberapa waktu belakangan. Konon, air pada telaga tersebut terbentuk dari sebuah sumur yang terus-menerus mengeluarkan air ke atas permukaan tanah hingga akhirnya membentuk sebuah danau kecil.

Lokasi: Mataram, Karangrejo, Kec. Negeri Katon, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35372

Jam Buka: 09.00 – 18.00 WIB 

Tiket Masuk: Rp2.000

5. Bukit Puncak Pangonan

wisata pringsewu
symbol by means of: insatagram/seplahh

Berwisata ke sebelah utara, ada sebuah destinasi kekinian yang kawasannya dikelilingi oleh pemandangan hijau dengan landscape pegunungan yang tampak megah. Tempat yang baru dibuka untuk kaum milenial ini adalah Bukit Pangonan.

Bukit kecil berketinggian 235 meter di atas permukaan laut ini baru dikembangkan oleh masyarakat setempat sejak tahun 2020-an. Menariknya lagi, destinasi tersebut terinspirasi dari maraknya destinasi kekinian yang sukses mengembangkan program desa wisata.

Selain mengandalkan keindahan alam, masyarakat desa juga menyiapkan banyak sekali spot selfie yang instagenik. Dimana pengunjung bisa berfoto sepuasnya. Dengan keunggulan tersebut, diharapkan mampu mendongkrak wisata Pringsewu Lampung.

Alamat: Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten, Lampung. (Map)

Jam Operasional: 08.30 – 19.00 WIB

Tiket: Rp10.000,-

6. Curup Air Terjun Pagasan

tempat wisata di pringsewu
symbol by means of: instagram/pariwisata.lampung – @wisma02

Curup Pagasan merupakan destinasi air terjun di Pringsewu paling populer. Meski masih ada sederet air terjun lainnya, tetapi curup yang berada di sebelah Bendungan Tegi ini begitu populer lantaran bentuknya yang berundak-undak.

Destinasi alam yang eksotik ini selain dibentengi oleh batu-batu cadas. Pada bagian bawah curup ada juga cerukan air yang membentuk kolam alami. Suasananya begitu damai, terlebih ketika sinar matahari muncul sesekali dari balik pepohonan.

Sayangnya, akses ke lokasi hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja, kemudian dilanjut pula dengan berjalan kaki dari pintu masuk air terjun. Jadi harus benar-benar menyiapkan stamina jika ingin menjelajahinya. Tapi, hal ini pasti sangat digemari para pelancong yang hobi berpetualang, bukan?

Lokasi: Pekon Method Kunyir, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu.

Jam Operasional: 07.30 – 18.30 WIB

Tiket Masuk: Rp0

7. Taman Sabin

wisata pringsewu
symbol by means of: kakak zack/g.maps

Mengunjung areal taman Sabin, pengunjung yang rindu akan segarnya suasana pedesaan tidak hanya bisa melihat sawah nan luas. Taman di tengah sawah ini menampilkan berbagai space menarik seperti zona selfie, kolam ikan dan taman bunga.

Tentu saja ada banyak sekali kegiatan yang dapat pengunjung lakukan di Taman Sabin. Misalnya mengambil gambar selfie di sederet instalasi kreatif, berendam di kolam ikan, befoto di gerbang siger hingga berkeliling di jalur pematang sawah.

Meski pengunjungnya didominasi oleh rombongan keluarga, taman yang romantis ini pun kerap kali didatangi pasangan yang berencana menikah dalam waktu dekat. Spot-spot foto yang beragam membuat Taman Sabun cocok pula untuk pre-wedding.

Alamat: Pekon Wonodadi, Kec. Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung

Tiket Masuk & Parkir: Rp4.000

Jam Operasional: 08.00 – 17.00

8. Wisata Berkuda Princhsto

tempat wisata di pringsewu
symbol by means of: @princhsto/ig

Destinasi bernama lengkap “Princhsto Equestrian Park” ini termasuk tempat wisata olahraga dan kuliner yang sedang naik daun. Destinasi yang mulai mendapat perhatian di tahun 2022 ini menawarkan berbagai paket wisata yang dapat dipilih pengunjung.

Princhsto yang merupakan singkatan dari “Pringsewu Ranch and Leisureo” menjadi tempat pilihan bagi mereka yang ingin belajar menunggangi kuda secara personal. Tak kalah menarik, ada juga spot panahan yang dapat dimainkan pengunjung tanpa batasan usia.

Lokasi: Pringsewu Selatan, Kabupaten, Provinsi Lampung.

Harga Tiket & Paket: Mulai Rp5.000 – Rp2000

Jam Buka: 08.30 – 18.30 WIB

9. Taman Geswood

wisata pringsewu
symbol by means of: instagram/taman.geswood

Tercatat, ada 5 buah taman di kabupaten seluas 625 km persegi ini yang mengangkat tema kekinian khas kawula muda. Seperti rekomendasi Travelingmedan.com berikut yang juga sangat laik dikunjungi lantaran punya daya tarik tersendiri yaitu Taman Geswood.

Taman Geswood memiliki desain yang serba kekinian dengan spot-spot ciamik di seluruh space. Kendati baru rampung, taman yang cantik ini sudah memikat hati banyak pengunjung. Terlebih dengan banyaknya bunga-bunga yang sengaja ditanam di sekitarnya.

Akses menuju taman tersebut terbilang gampang, bahkan jaraknya pun tak begitu jauh kalau berangkat dari arah kota. Pengunjung tinggal ambil tujuan ke Desa Wonodadi, melalui rute Jl. Ahmad Yani dengan waktu tempuh 31 menit atau berjarak 14,1 km saja.

Alamat: Desa Wonodadi, Kecamatan Gading Rejo, Pringsewu

Harga Tiket: Tidak Ditentukan

Jam Operasional: 08.00 – 18.00 WIB

10. Bendungan Method Sekampung

tempat wisata di pringsewu
symbol by means of: severus ahmisa/instagram

Bendungan Method Sekampung merupakan danau buatan di Pringsewu yang dipersiapkan untuk menyimpan cadangan air dengan daya tampung sebesar 46 meter persegi. Danau buatan ini juga turut menumbuhkan sektor pariwisata daerah Lampung khusunya wilayah kecamatan Banyumas.

Danau buatan seluas 4.000 hektar yang resmi dibuka sejak tahun 2021 ini menyediakan menara pandang bagi wisatawan yang ingin melihat landscape bendungan dari atas gedung. Sebagai tambahan atraksi, dibuat juga taman hijau dan spot berfoto yang dirancang alami.

Lokasi: Banjarejo, Kec. Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35376

Tiket: Free of charge

Jam Buka: 24 Jam

11. Tugu Gajah Barbel

wisata pringsewu
symbol by means of: hafid darmais/instagram

Tujuan wisata selanjutnya yang menjadi ciri khas Pringsewu adalah Tugu Gajah Barbel. Ikon pariwisata kabupaten ini merupakan bangunan bersejarah yang ramai dikunjungi. Lantaran berada di kawasan perkotaan, maka tugu ini sangat terjangkau.

Tugu ini memiliki nilai tersendiri dibandingkan dengan bangunan bersejarah lainnya di Lampung. Tugu Gajah Barbel dengan tinggi 7 meter tersebut menjadi pertanda kalau Lampung merupakan provinsi asal para atlet angkat besi yang mampu membawa harum Lampung hingga ke kancah internasional.

Lokasi: Bulukarto, Kec. Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung 35372

Jam Buka: 24 Jam

Tiket: Free of charge

12. Taman Jomblo

tempat wisata di pringsewu
symbol by means of: song undertaking/gmaps

Sejalur arah Taman Tirta Asri, spot lainnya yang rekomended dikunjungi yaitu Taman Jomblo. Kalian bisa mengunjungi kedua tempat tersebut secara estafet karena letaknya memang tak berjauhan. Di sini, semuanya serba aestetik untuk dijadikan background foto.

Memang, nama tempat wisata tersebut seolah diperuntukkan bagi mereka yang masih unmarried saja. Tetapi realitanya, pengunjung yang datang bersama pasangan dan keluarga justru jauh lebih banyak. Ha; itu disebabkan oleh destinasinya yang romantis maksimal.

Nah, lengkap sudah ulasan mengenai tempat wisata di Pringsewu, mulai dari arah utara hingga ke bagian selatan kabupaten di Lampung ini. Dari yang terbaru sampai terhits dikunjungi sepanjang tahun. Jadi, mau memulai perjalanan ke mana dulu? Yuk, lekas atur jadwal liburan.

Related Posts

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *