Dolok Pinapan : Pendaki, Gua dan Air Terjun yang Eksotis di Dalam Hutan,Pesona di atas Puncak & Lokasi WIsata Sumut

Posted by dunnynasution@gmail.com
On 10 Juli 2022

jendeladunia16.com – Dolok Pinapan : Pendaki, Gua dan Air Terjun yang Eksotis di Dalam Hutan, Pesona di atas Puncak & Lokasi

Pemandangan alam di Indonesia tak hanya bisa didapatkan dari pantainya saja. Gunung-gunung Indonesia juga memiliki pesona yang mengagumkan. Mulai dari pemandangan matahari terbit, tebing-tebing curam, padang rumput yang hijau, hingga pemandangan cantik dari puncak gunung.

Kabupaten humbahas miliki banyak keindahan alam yang mempesona, kabupaten yang luas dan besar ini, menyimpan tempat-tempat yang indah yang jarak diketahui oleh para pelancong dari luar daerah. 

Sebut saja, Dolok Pinapan. Sebuah Gunung yang memiliki keindahan serta kekayaan alam yang luar biasa di dalamnya. Bagi warga daerah humbahas. Tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata pendaki, serts menelusuri sebuah goa yang konon katanya, Gua tersebut memiliki emas. 

Lokasi. 

sc.symbol/berlas situmorang

Diperkirakan, perjalanan dari Medan ke wilayah gunung ini berada setidaknya menghabiskan waktu selama 7 jam. Atau, perlu melewati jarak sepanjang 254 km persegi. Sebagai catatan, estimasi waktu yang tertera belum termasuk perjalanan ke house puncak.

Gunung Dolok Pinapan terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di Parnapa, Kecamatan Onan Ganjang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara Indonesia. Lebih element, silahkan lihat peta tercantum berikut untuk panduan perjalanan.

Dolok Pinapan 

sc.symbol/loembantoeruan donna dika

Dengan ketinggian 2037 meter di atas permukaan laut, serta diapit oleh Dolok Tangiang dan Pusuk Li Simaninggir, gunung Dolok Pinapan menjadi gunung tertinggi di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan standing tidak aktif.

 

Lantaran bukan berjenis gunung berapi, maka Dolok Pinapan termasuk aman dan sangat layak untuk didaki. Namun, para petualang masih jarang mengeksplorasi tempat ini karena minimnya informasi sebagai panduan petualangan.

Sehingga jika keinginan kita mau memandangi indahnya wilayah tapanuli sebagian sungguh menyenangkan. Dibawah gunung  ini terdapat sebuah laut, yaitu Laut Barus yang pada umumnya sering dikunjungi para Vacationer dari Luar Negri maupun dalam Negri.

Dari atas Gunung yang berketinggian sampai 2037 meter DPL itu, anda bisa memandangi dengan luas wilayah lepas perasaan anda. Dari ujung sana, kita bisa melihat daerah atau kota-kota Tapteng, Laut Barus yang Indah sekali dipandang dari sana, tak luput juga, Kota Dolok sanggul yang terlihat ramai, bahkan Samudera Hindia bila tak berkabut.

Gua 1000 Banurea 

sc.instagram/@pestavalentina

Kekayaan hayati di sekitaran lereng Gunung Dolok Pinapan menjadi keistimewaan yang patut dibanggakan masyarakatnya, mulai sawah dan pohon durian, ambacang, salak, petai dan aneka tumbuhan bio range. 

Kemudian, lereng Gunung Dolok Pinapan juga menyuguhkan goa-goa eksotis yang kini tengah dikembangkan menjadi obyek wisata oleh kelompok pemuda sadar wisata (pokdarwis) yaitu 1000 Goa Banurea.

Ada beberapa goa di sini, dan yang paling dikenal dan rekomendasi adalah 1000 Goa Banuarea. Konon kenapa 1000 Goa, karena di sini banyak perut bumi yang terbuka dan belum tereksplorasi

Beberapa titik air terjun juga dapat ditemui di sekitarnya.

Ekspedisi ke Puncak Gunung

sc.instagram/@yudheo_apridoo

Beberapa penggiat pecinta alam sebenarnya sudah mulai mengadakan ekspedisi pendakian ke Gunung Dolok Pinapan. Jalur pendakian utama sekaligus paling direkomendasikan ialah by means of Desa Onan Ganjang dan Desa Parnapa. Selain lebih dekat, rata-rata masyarakat sekitar mengenal karakter gunung ini.

 

Layaknya kawasan hutan tropis, semua jalur pendakian yang ada akan melewati hutan tropis basah dan lebat. Idealnya, trek seperti ini lebih dianjurkan untuk pendaki profesional. Kalau masih pemula, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri.

 

Pesona di atas Puncak

sc.instagram/@dolokpinapan_official


Seperti yang sudah diutarakan diawal, gunung yang dikelilingi hutan tropis ini menyimpan sederet pesona mengagumkan. Para pendaki bisa mendapatkan semua pesona tersebut ketika sudah tiba di puncak gunung. Semua letih dan perjuangan akan terbayar lunas.

 

Mulai dari eksotisnya landscape break of day dan sundown, pemandangan di malam hari berupa langit yang dihiasi rasi bintang, bentangan alam, lembah, lautan awan, perbukitan dan umah-rumah penduduk yang tampak kecil di bagian lereng, serta udara khas pegunungan yang melegakan pernapasan.

 

Pemandangan ke berbagai penjuru sangat menarik sehingga layak dijadikan latar foto. Nah, agar tidak kepanasan dan kehujan saat di puncak, jangan kelupaan membawa perlengkapan tenting. Terutama tenda, wajib dibawa jika ingin berkemah.

 

Data 

sc.instagram/@parpakkat

Objek wisata di Onan Ganjang ini belum dikelola sepenuhnya, baik oleh pemerintah setempat maupun swasta. Hal tersebut membuat tarif atau tiket masuk belum ada. Pengunjung bisa mendaki dan mengeksplorasi tempat ini secara free of charge.

 

Namun, sangat dianjurkan menggunakan jasa penduduk setempat (information lokal) untuk memandu wisatawan agar ekspedisi berjalan lancar dan tidak kesasar. Sehingga pengunjung perlu menyiapkan biaya tambahan untuk ranger atau pemandu wisata.

 

Nah itulah informasi singkat tentang ulasan dolok pinapan yang Mempesona nan indah yang harus kamu coba saat liburan ke Humbahas. Buat kalian yang ingin mencoba mendaki gunung ini. Ingat mimin udah jelasin sebelumnya untuk menggunakan jasa penduduk setempat. Kalau ngendaki itu juga, harus ramai-ramai ya biar semakin seru untuk ngendaki. Terus harus jaga tutur kata. Karena setiap gunung punya cerita tersendiri di balik keindahannya. 

Nb : Jangan lupa pantengin akun media sosial kita, agar anda semakin mudah mendapatkan information wisata terbaru replace dari situs ini. Ikuti dan Sukai media sosial kita  Instagram & Fb … 

Related Posts

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *